TUGAS KONSEP MANAJEMEN MUTU PRODI RMIK ITSK RS Dr. SOEPRAOEN DOSEN IBU FITA RUSDIAN IKAWATI, SE. MM.

ANALISA SWOT

MAKALAH

Manajemen Mutu

Yang dibimbing oleh Ibu Fita Rusdian Ikawati, SE, MM

                                           



Disusun Oleh :

Trisna Alya Sekar

205036

Vany Nur Awalin

205037

Vinarul Zaen Permatasari

205038

Tiara Nuraida Rismi Alfarini

205077

Vidia Pramesti Kirana

205078

Fina Aulia Aisyah

205079

Widyawati Purwasih

205114

Rensi Ayuningtias

205115

Ridha Fiky Amalia

205116

 

 

 

 

 





 

INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN RS dr. SOEPRAOEN

PRODI DIII REKAM MEDISDAN INFORMASI KESEHATAN

2021

 

 

ABSTRAK

Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats dilakukan secara internal dan eksternal organisasi. Analisis internal dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan organisasi, sedangkan analisis eksternal untuk mengetahui peluang yang dapat ditangkap, dan ancaman yang dihadapi organisasi.

Kekuatan dan kelemahan yang diidentifikasi oleh penilaian lingkungan internal, sedangkan peluang dan ancaman yang diidentifikasi oleh penilaian lingkungan eksternal. Menganalisis lingkungan internal dan eksternal dengan menggunakan SWOT membantu untuk menentukan situasi saat ini dan untuk mengidentifikasi prospek utama dan tantangan yang signifikan. Jika digunakan dengan benar, SWOT dapat memberikan dasar yang baik untuk perumusan kebijakan.

Proses penggunaan manajemen analisa SWOT menghendaki adanya suatu survey internal tentang strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan) program, serta survey eksternal atas opportunities (ancaman) dan threats (peluang/kesempatan). Pengujian eksternal dan internal yang terstruktur adalah sesuatu yang unik dalam dunia perencanaan dan pengembangan kurikulum lembaga pendidikan.

Kata kunci : Analisis SWOT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan karunia-Nya. Dengan dibuatnya makalah ini, penyusun mengucapkan terima kasih kepada Orang tua yang telah mendukung dalam segi apapun. Terima kasih pula untuk dosen pengampu mata kuliah yang senantiasa memberikan bimbingan kepada kami. Dan terimakasih atas kerja samanya untuk setiap para anggota kelompok.

Makalah ini dibuat untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan di bidang budaya dan untuk memenuhi tugas kami. Makalah ini kami tujukan kepada para pembaca untuk menjadi bahan referensi dan inspirasi dalam proses kegiatan menimba ilmu.

Terlepas dari itu semua kami menyadari bahwasannya masih banyak kekurangan yang ada dalam makalah ini. Baik dari susunan kalimat atau bahasanya. Oleh karena itu kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun agar nanti untuk kedepannya bisa memperbaiki makalah ini dengan baik. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi khasanah ilmu pengetahuan, para pembaca, dan untuk penyusun. Aamiin.

            Akhir kata semoga makalah tentang Analisa SWOT” ini bisa bermanfaat dan bisa menginspirasi bagi para pembacanya

 

 

Malang, 02 Maret 2021

 

                                                                                             Penulis

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

ABSTRAK.. 2

KATA PENGANTAR.. 3

DAFTAR ISI. 4

BAB I. 4

PENDAHULUAN.. 4

1.1        LATAR BELAKANG.. 4

1.2         RUMUSAN MASALAH.. 4

1.2.1        Apa Pengertian Analisis SWOT?. 4

1.2.2        Apa saja unsur Analisis SWOT dan Manfaatnya apa saja?. 4

1.2.3        Bagaimana Tahapan Analisis SWOT?. 4

1.3         TUJUAN.. 5

1.3.1        Mengetahui dan memahami Analisis SWOT. 5

1.3.2        Mengetahui dan memahami Apa manfaat dan apa saja unsur Analisis SWOT. 5

1.3.3        Mengetahui dan memahami tahapan SWOT. 5

BAB II. 5

KAJIAN PUSTAKA.. 5

2.1         Analisis SWOT. 5

2.2        Pengertian Analisis. 5

2.3          Pengertian SWOT. 6

2.4         Pengertian Analisis SWOT. 7

2.5         Manfaat Analisis SWOT. 8

2.6         Unsur – unsur SWOT. 8

2.7         Cara Melakukan Analisis SWOT dengan Benar 10

2.8         Tahapan Analisis SWOT. 11

2.9         Model analisis SWOT. 12

2.10     Contoh Analisis SWOT Perusahaan Otomotif. 14

BAB III. 15

PENUTUP. 15

3.1   KESIMPULAN.. 15

3.2   SARAN.. 16

DAFTAR PUSTAKA.. 16

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1        LATAR BELAKANG

Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT) dilakukan secara internal dan eksternal organisasi. Analisis internal dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan organisasi, sedangkan analisis eksternal untuk mengetahui peluang yang dapat ditangkap, dan ancaman yang dihadapi organisasi. Analisis SWOT ini penting sebagai bagian organisasi untuk perumusan manajemen strategi yang akan dijalankan organisasi agar siap bersaing dan tidak dipandang sebelah mata oleh organisasi lainnya.

Wahyudi (1996:49-50) mengemukakan bahwa terdapat dua faktor yang menyebabkan suatu organisasi melakukan analisis terhadap lingkungan baik lingkungan internal maupun eksternal antara lain organisasi tidak berdiri sendiri tetapi berinteraksi dengan bagian-bagian dari lingkungannya yang selalu berubah setiap saat serta pengaruh lingkungan yang sangat rumit dan kompleks dapat mempengaruhi kinerja banyak bagian yang berbeda dari sebuah organisasi. Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi organisasi.

 Kekuatan dan kelemahan yang diidentifikasi oleh penilaian lingkungan internal, sedangkan peluang dan ancaman yang diidentifikasi oleh penilaian lingkungan eksternal (Dyson, 2004). Menganalisis lingkungan internal dan eksternal dengan menggunakan SWOT membantu untuk menentukan situasi saat ini dan untuk mengidentifikasi prospek utama dan tantangan yang signifikan. Jika digunakan dengan benar, SWOT dapat memberikan dasar yang baik untuk perumusan kebijakan. Informasi lebih lanjut tentang analisis SWOT dan langkah-langkah dapat ditemukan di Houben et al. (1999).

 

 

1.2         RUMUSAN MASALAH

1.2.1        Apa Pengertian Analisis SWOT?

1.2.2        Apa saja unsur Analisis SWOT dan Manfaatnya apa saja?

1.2.3        Bagaimana Tahapan Analisis SWOT?

 

 

1.3         TUJUAN

1.3.1        Mengetahui dan memahami Analisis SWOT

1.3.2        Mengetahui dan memahami Apa manfaat dan apa saja unsur Analisis SWOT

1.3.3        Mengetahui dan memahami tahapan SWOT


BAB II

KAJIAN PUSTAKA

2.1         Analisis SWOT

Sebelum kita mengetahui tentang Analisis SWOT, baiknya kita mengetahui pengertian dari masing-masing sub Analisis SWOT, yaitu termasuk upaya yang diakui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Di proses pencarian keputusan strategis selalu konsisten dengan mengembangkan tugas, tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan. Sehingga, perencanaan strategis harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman). Analisis dan perbandingan SWOT secara faktor eksternal berupa peluang (opportunity), ancaman (threats) dengan faktor internal kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness).

 

2.2        Pengertian Analisis

Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditafsir maknanya (Wirahadi).Dalam definisi lain, Analisis adalah proses menyadari sesuatu dengan teliti dan hati-hati, atau menggunakan data dan metode statistik untuk memahami atau menjelaskan hal tersebut. Definisi ini merupakan rumusan umum tentang analisis

  • Menurut Sugiono (2015: 335), Analisis adalah kegiatan untuk mencari pola, atau cara berpikir yang berkaitan dengan pengujian secara sistematis terhadap sesuatu untuk menentukan bagian, hubungan antarbagian, serta hubungannya dengan keseluruhan.
  • Menurut Satori dan Komariyah (2014: 200), Definisi Analisis adalah usaha untuk mengurai suatu masalah menjadi bagian-bagian. Sehingga, susunan tersebut tampak jelas dan kemudian bisa ditangkap maknanya atau dimengerti duduk perkaranya.
  • Menurut KBBI, pengertian analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkara, atau hal-hal lainnya).

Analisis didefinisikan juga sebuah penjabaran setelah pengkajian yang sebaik-baiknya. Dan pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya. Dua pengertian ini lebih dekat dengan proses berpikir sistematis menggunakan metode analitik.

Berdasarkan beberapa rumusan definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa analisis memiliki sedikitnya tiga fungsi dan tujuan utama. Namun secara spesifik, hal ini akan tergantung bagaimana proses penggunaan metode analisis. Secara umum, berikut fungsi dan tujuannya.

  • Analisis berfungsi untuk menguraikan sesuatu menjadi komponen-komponen kecil yang diketahui hubungan-hubungannya. Kemudian uraian komponen tersebut dapat lebih mudah dipahami, baik setiap bagiannya maupun secara keseluruhan.
  • Analisis bertujuan untuk memperoleh pemahaman lebih mendetail mengenai suatu hal. Pemahaman tersebut nantinya dapat dijelaskan kepada publik. Sehingga publik mendapatkan informasi bermanfaat dari analisis tersebut.
  • Analisis juga memiliki fungsi dan tujuan untuk menentukan keputusan. Yang dimaksud dalam hal ini adalah pengambilan keputusan berdasarkan dugaan, teori, atau prediksi dari sesuatu yang sebelumnya telah dipahami dengan metode analisis.

 

2.3          Pengertian SWOT

SWOT adalah kependekan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Apa maknanya dalam konteks bisnis/perusahaan? Setiap praktik bisnis tidak mungkin mencapai kesuksesan kalau tidak direncanakan secara matang. Anda boleh mengatakan bahwa bisnis tanpa modal teori yang kaku pun masih bisa menghasilkan keuntungan. Ya, bisnis akan menghasilkan keuntungan bagi pelakunya, namun seperti apa, dan apakah akan bertahan apalagi meningkat? Untung memang iya, tapi belum tentu bisa disebut sukses.

Semua pelaku bisnis pasti memiliki sejumlah tujuan yang ingin dicapai. Tanpa adanya strategi yang jelas, sulit sekali mewujudkan semua tujuan itu. Strategi itulah yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis SWOT. Teknik analisis ini bukan hanya bermanfaat bagi perusahaan atau kelompok bisnis, tapi secara perseorangan, misalnya jika hendak mewujudkan impian pekerjaan atau karir.

 

 

2.4         Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. Analisis SWOT, yaitu termasuk upaya yang diakui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman ini yang menentukan kinerja perusahaan. Informasi Peluang dan ancaman terkait eksternal bisa diperoleh dari berbagai sumber, termasuk pelanggan, dokumen pemerintah, pemasok, mitra di sektor perbankan dan perusahaan lain. Banyak perusahaan menggunakan layanan keagenan pindai jingle huruf  berita, penelitian internet, dan analisis tren relevansi domestik dan global (Richard L. daftar tahun 2010: 253).

Selain itu, Fredi Rangkuti (2004: 18) Menjelaskan bahwa analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada memaksimalkan kekuatan (strength), dan Opportunity (peluang), tetapi pada saat bersamaan dapat meminimalisir kelemahan (kelemahan) dan ancaman. Proses pencarian keputusan strategis selalu konsisten dengan mengembangkan tugas, tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan. sehingga, perencanaan strategis harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman). Analisis dan perbandingan SWOT secara faktor eksternal berupa peluang (opportunity), ancaman (threats) dengan faktor internal kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness). 

SWOT adalah singkatan dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir, biasanya ditampilkan dalam kolom kisi sederhana.

 

Kekuatan dan kelemahan internal perusahaan Anda. Hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan ubah. Misalnya, orang-orang di tim Anda, hak paten dan kekayaan intelektual Anda, dan lokasi Anda.

 

Peluang (opportunity) dan ancaman (ancaman) merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi bisnis, atau faktor yang terjadi di luar perusahaan dalam pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan menjaga dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

 

Teknologi ini dikembangkan oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek penelitian di Universitas Stanford pada 1960-an dan 1970-an, menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

 

Saat Anda melakukan analisis SWOT, Anda akan mempelajari strategi yang dapat diandalkan untuk memprioritaskan pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

2.5         Manfaat Analisis SWOT

Tujuan akhir dari analisis SWOT adalah menghasilkan berbagai pilihan strategi yang lebih fungsional, yang membuat strategi lebih mudah penerapannya dan diterapkan di setiap unit bisnis strategis.Manfaat yang dapat dipetik dari analisis SWOT adalah sebagai berikut:

1.      Jelas bisa digunakan untuk menentukan perusahaan persaingan dengan perusahaan sejenis.

2.      Sebagai pijakan untuk mencapai tujuan perusahaan

3.      Untuk meningkatkan strategi yang ada, strategi perusahaan selalu dapat beradaptasi dengan perubahan apa pun situasi bisnis.

 

2.6         Unsur – unsur SWOT

Kekuatan (Strenght) , Kelemahan (weakness) , Peluang (Opportunity), Ancaman (Threats). Faktor eksternal dan internal menurut (Irham Fahmi, 2013:260) untuk menganalisis secara lebih dalam tentang SWOT, maka perlu dilihat faktor eksternal dan internal sebagai bagian penting dalam analisis SWOT, yaitu:

·         Faktor Eksternal

Faktor eksternal ini mempengaruhi pembentukan peluang dan ancaman (O dan T). Jika menyangkut faktor ini apa yang terjadi di luar mempengaruhi perusahaan internal. Pengambilan keputusan perusahaan. Faktor ini termasuk lingkungan industri dan lingkungan makro, ekonomi, bisnis, politik, hukum, teknologi, populasi, dan sosial budaya.

·         Faktor Internal

Faktor internal ini mempengaruhi terbentuknya strenghts and weaknesses (S dan W). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi yang terjadi dalam perusahaan, yang mana ini turut mempengaruhi terbentuknya pembuatan keputusan (decision making) perusahaan. Faktor internal ini meliputi semua macam manajemen fungsional : pemasaran, keuangan, operasi, sumberdaya manusia, penelitian dan pengembangan, sistem informasi manajemen dan budaya perusahaan (corporate culture).

Ø  S – Strength/Kekuatan

Anda harus mengidentifikasi dan memahami keuntungan terbesar dari bisnis yang Anda jalankan. Proses pengenalan dan pemahaman ini akan menghasilkan banyak penemuan yang diharapkan dapat berdampak positif bagi kesuksesan perusahaan.

Bagaimana Anda mengenali dan memahami keunggulan ini? Anda dapat membuat daftar banyak masalah untuk mengidentifikasinya. Contoh masalah meliputi:

·         Apa keunggulan perusahaan / perusahaan Anda?

·         Apa yang membuat bisnis / perusahaan Anda lebih baik dari yang lain?

·         Apa yang unik tentang perusahaan / perusahaan Anda?

·         Selama bertahun-tahun, faktor apa saja yang berhasil meningkatkan penjualan?

·         Apa reaksi positif pelanggan Anda selama bertahun-tahun?

 

Ø  W – Weakness/Kelemahan

Setiap model bisnis memiliki kelemahan. Kalaupun terlihat sempurna, selalu ada celah yang bisa mengakibatkan kesalahan / kerugian. Anda dapat mencari dan menganalisis kelemahan bisnis / perusahaan Anda dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk menemukan hasilnya:

·         Apa yang harus ditingkatkan oleh perusahaan / perusahaan Anda?

·         Menurut Anda apa yang harus dihindari saat menjalankan perusahaan ini?

·         Apa sajakah faktor yang menyebabkan hilangnya penjualan?

·         Apa yang menurut konsumen merupakan kelemahan?

·         Tindakan atau pencapaian apa yang diambil pesaing Anda agar terlihat lebih baik daripada bisnis / perusahaan Anda?

 

Ø  Opportunities/Peluang

Sebagai pemilik dan manajer bisnis, Anda harus memantau berbagai peluang dan memahami perkembangan masa depan. Pembacaan peluang ini dapat dianalisis dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·         Apa tren bisnis yang sedang dikembangkan perusahaan Anda?

·         Peluang apa yang telah Anda lihat sebagai seorang pebisnis?

 

Ø  T- Threats/Ancaman

Berbagai bisnis selalu menghadapi berbagai ancaman, dan jika dibiarkan berkembang maka perusahaan akan bangkrut. Oleh karena itu, berbagai jenis ancaman harus dianalisis melalui banyak pertanyaan:

·         Hambatan dan masalah apa yang dihadapi perusahaan?

·         Apa solusi untuk kendala dan masalah tersebut?

·         Adakah faktor kebijakan dari pemerintah atau latar belakang daerah yang mempengaruhi munculnya ancaman ini?

·         Apakah ada kondisi atau lingkungan eksternal yang menyebabkan ancaman?

 

2.7         Cara Melakukan Analisis SWOT dengan Benar

Kumpulkan orang-orang dari berbagai departemen di perusahaan dan pastikan setiap departemen memiliki perwakilan. Anda akan menemukan bahwa berbagai departemen dalam perusahaan memiliki pandangan yang sangat berbeda. Ini adalah poin yang sangat penting untuk membuat analisis SWOT Anda berhasil.

Melakukan analisis SWOT mirip dengan rapat mendengarkan pendapat untuk mengetahui cara yang benar dan salah dalam melakukan sesuatu. Sebaiknya biarkan semua orang membuat catatan dan biarkan semua orang secara diam-diam mengajukan beberapa ide awal. Ini untuk mencegah pemikiran kolektif dan memastikan bahwa semua suara didengar.

Setelah lima hingga sepuluh menit bertukar pikiran, poskan semua catatan di dinding dan jangan lupa untuk mengelompokkan ide serupa. Jika ide orang lain memicu ide baru, izinkan siapa pun untuk menambahkan komentar tambahan saat ini.

Setelah semua ide disortir, saatnya untuk menentukan peringkatnya. Dengan menggunakan sistem pemungutan suara, setiap orang mendapat lima sampai sepuluh "suara", yang dapat mereka bagi sesuka mereka. Membuat catatan dalam berbagai warna berguna untuk latihan ini.

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Anda harus memiliki daftar ide yang diprioritaskan. Tentu saja, daftar ini untuk diskusi dan debat, dan seseorang di ruang konferensi harus dapat membuat keputusan akhir tentang prioritas. Biasanya CEO, tetapi dapat didelegasikan kepada orang lain yang bertanggung jawab atas strategi bisnis.

 

2.8         Tahapan Analisis SWOT

Untuk melakukan analisis SWOT, garis besar harus dilengkapi melalui tiga tahapan yaitu:

1.      Tahap pengumpulan data

Siapa yang harus melakukan analisis SWOT?

Agar analisis SWOT efektif, pendiri dan pemimpin perusahaan harus terlibat secara mendalam. Ini bukanlah tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain. Namun, pimpinan perusahaan tidak diperbolehkan melakukan pekerjaan ini sendiri. Untuk hasil terbaik, kumpulkan sekelompok orang yang memiliki pendapat berbeda tentang perusahaan. Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan, dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus terlibat.

Perusahaan inovatif bahkan melampaui peringkat internal mereka sendiri saat melakukan analisis SWOT dan mendapatkan opini pelanggan untuk menambahkan suara unik mereka ke dalam pertimbangan pengambilan keputusan bisnis.

Jika Anda memulai atau menjalankan perusahaan Anda sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT. Dapatkan perspektif lain dari teman yang hanya tahu sedikit tentang bisnis, akuntansi, atau bahkan pemasok dan pelanggan Anda. Kuncinya adalah memiliki perspektif yang berbeda.

Perusahaan yang menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi mereka saat ini dan menentukan strategi untuk maju. Namun, perlu diingat bahwa banyak hal selalu berubah dan Anda perlu mengevaluasi kembali strategi Anda, dimulai dengan analisis SWOT baru setiap enam hingga dua belas bulan.

Sebagai permulaan, analisis SWOT adalah bagian dari proses perencanaan bisnis. Ini akan membantu mengembangkan strategi sehingga Anda mulai dengan langkah yang benar dan mengetahui rute perjalanan.

 

 

 

 

2.9         Model analisis SWOT

Model Analisis SWOT Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang dan ancaman dengan faktor internal kekuatan dan kelemahan. Faktor internal dimasukan kedalam matrik yang disebut matrik faktor strategi internal atau IFAS (Internal Strategic Factor Analisis Summary).

Faktor eksternal dimasukkan kedalam matrik yang disebut matrik faktor strategi eksternal EFAS (Eksternal Strategic Factor Analisis Summary). Setelah matrik faktor strategi internal dan eksternal selesai disusun, kemudian hasilnya dimasukkan dalam model kuantitatif, yaitu matrik SWOT untuk merumuskan strategi kompetitif perusahaan.

Matrik Factor Strategi Eksternal (EFAS).

Faktor strategi Exsternal

Bobot

Rating

Bobot X Rating

Keterangan

Peluang

X

X

X

 

Jumlah

X

X

X

 

Ancaman

X

X

X

 

Jumlah

X

X

X

 

Total

X

X

X

 

Sumber : Fredi Rangkuti (2004: 18)

Ø  Cara membuat matrik EFAS

1)      Aturlah faktor eksternal menurut kelompoknya yaitu memberikan peluang dan ancaman.

2)      Kemudian tetapkan bobot untuk setiap faktor. Memberi bobot harus dilakukan dengan hati-hati sesuai dengan kepentingan dan pangkat pengaruh strategis. Semakin penting faktor-faktor ini, semakin tinggi obot yang harus diberikan. Total berat maksimal adalah 1 (satu) buah.

3)      Langkah selanjutnya untuk menghadapi setiap faktor peluang atau ancaman skor. Evaluasi didasarkan pada kondisi yang memberikan kondisi berikut untuk faktor-faktor ini, peluang harus ditandai sebagai positif dan sebaliknya ancamannya negatif jika faktornya adalah untuk memberikan kesempatan terbesar, evaluasi paling positif harus diberikan jika peluangnya kecil, begitu juga sebaliknya. Sama atasi faktor-faktor yang menjadi ancaman terbesar, dan kemudian paling banyak, review negatif harus diberikan, begitu pula sebaliknya ancamannya kecil.

4)      Selanjutnya, kalikan bobot dengan nilai pengenal, sehingga Anda bisa mendapatkan satu atau lebih nilaipecahan.

5)      Setelah menilai semua faktor, tambahkan ke dapatkan skor total.

6)      Kolom kelima digunakan untuk memberikan komentar atau alasan berikut ini mengapa memilih faktor.

 

 

Matrik Faktor Strategi Internal (IFAS)

Faktor strategi Exsternal

Bobot

Rating

Bobot X Rating

Keterangan

Kekuatan

X

X

X

 

Jumlah

X

X

X

 

Kelemahan

X

X

X

 

Jumlah

X

X

X

 

Total

X

X

X

 

 

Ø  Cara membuat matrik EFAS

1)      Menyusun faktor internal menurut kelompoknya yaitu merupakan keunggulan (kekuatan) dan yang lainnya merupakan faktor kerugian(kelemahan).

2)      Kemudian tetapkan bobot untuk setiap faktor. Memberi bobot harus dilakukan dengan hati-hati sesuai dengan kepentingan dan pangkat pengaruh strategis. Semakin penting faktor-faktor ini, semakin tinggi bobot yang harus diberikan. Total berat maksimal adalah 1 (satu)

3)      Langkah selanjutnya menuju faktor yang baik adalah kekuatan atau kelemahan dinilai. Menurut persyaratan faktor kekuatan, kekuatan harus ditandai sebagai positif dan sebaliknya faktor kelemahan diberi tanda negatif. Dalam hal mereka adalah kekuatan terbesar dan harus diberikan kepada mereka ulasan positif adalah yang terbaik, dan sebaliknya.Pendekatan yang sama untuk faktor penyusun kelemahan terbesar harus diberi evaluasi paling negatif, kebalikannya juga benar, ketika kelemahannya kecil.

4)      Selanjutnya, kalikan bobot dengan nilai pengenal, sehingga Anda bisa mendapatkan satu atau lebih nilaipecahan.

5)      Setelah menilai semua faktor, tambahkan ke dapatkan skor total.

6)      Kolom kelima digunakan untuk memberikan catatan atau alasan berikut ini mengapa memilih faktor.

 

2.10     Contoh Analisis SWOT Perusahaan Otomotif

Sebuah perusahaan otomotif yang bergerak di bidang produksi sepeda motor dan spare parts sedang mengembangkan bisnisnya dengan melakukan analisis SWOT. Analisis diterapkan dengan mengamati faktor internal dan eksternal.

1.     Faktor internal

Strength:

·        Perusahaan sudah memiliki merek yang kuat

·        Didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni

·        Produksi terus meningkat

Weakness:

·        Cakupan pemasarannya di pulau itu masih terbatas

·        Kurangnya sumber daya manusia untuk promosi online

2.      Faktor eksternal

Opportunities:

·         Banyak lulusan baru berkualitas yang tertarik dengan perusahaan

·         Peluang mengembangkan jaringan pemasaran di luar pulau

 

Threats:

·         Pesaing baru dengan kualitas yang sama dan harga murah

·         Perluas promosi ke pesaing baru melalui jaringan online

 

 

BAB III

PENUTUP

3.1   KESIMPULAN

Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasikekuatan (strengths), kelemahan (weaknees), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) suatu bisnis tertentu.Manfaat yang dapat dipetik dari analisis SWOT adalah sebagai berikut:

a.       Jelas bisa digunakan untuk menentukan perusahaan persaingan perusahaan sejenis.

b.      Sebagai pijakan untuk mencapai tujuan perusahaan

c.       Untuk meningkatkan strategi yang ada, strategi perusahaan selalu dapat beradaptasi dengan perubahan apa pun situasi bisnis

 

3.2   SARAN

Adapun saran dari pembuatan makalah ini yaitu dengan menggunakan analisis SWOT baik dalam sebuah perusahaan atau sebuah organisasi baik internal maupun eksternal dengan baik akan memudahkan kedepannya untuk bekerja lebih mudah dan dapat dijangkau oleh instansi tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Nisak, Z., 2013. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jakarta: s.n.

Nur'aini Dwi Fatimah, F., 2016. Teknik Analisis. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Ranggkuti, F., 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. s.l.:PT. Gramedia Jakarta.

Wardoyo, P., 2011. ENAM ALAT ANALISIS MANAJEMEN. Semarang: Semarang University Press. 

https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-contoh-analisis-swot/

https://www.pelajaran.co.id/2019/22/analisis.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal PG dan Essay Manajemen Mutu beserta jawaban

 

PILIHAN GANDA

1.      Suatu metode perencanaan strategis untuk dapat mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam upaya mencapai tujuan dengan cara mengkaji kondisi internal dan ekternal suatu organisasi, disebut...

a.       Analisis Masalah

b.      Identifikasi Masalah

c.       Analisis SWOT

d.      semua jawaban benar

Jawaban: C

2.      Didalam analisis S W O T, O adalah opportunity yang artinya adalah .....

a.       Tantangan

b.      Hambatan

c.       Peluang

d.      Persaingan

Jawaban:C

3.      Dalam SWOT analysis, S  adalah Strenght yang artinya adalah ...

a.       kekuatan      

b.      peluang                                                                 

c.       kelemahan

d.      ancaman

e.       persaingan

Jawaban:A

4.      Faktor yang berasal dari dalam suatu organisasi disebut...

a.       Faktor Internal

b.      Faktor Ekternal

c.       Faktor Agama

d.      Faktor Budaya

Jawaban:A

5.      Kelemahan atau keterbatasan , dan kekurangandalam sumber daya, keterampilan, dan kapabilitas yang secara efektif menghambat kinerja organisasi , disebut...

a.       Strength

b.      Weaknes

c.       Oportunity

d.      Threats

Jawaban:B

6.      Strength adalah

a.       Kekuatan

b.      Kelemahan

c.       Peluang

d.      Ancaman

Jawaban : A

7.      Faktor Faktor yang dapat diandalkan dalam profesi rekam medis dalam analisis SWOT, S adalah

a.       Jumlah personel yang sesuai dengan beban kerja, sehingga mendukung produktivitas

b.      Adanya permenkes 269/Menkes/Per/III/2008 Yang mengatur pelaksanaan Rekam Medis

c.       Melakukan Promosi tentang Pentingnya Rekam Medis

d.      Jawaban A,B,C Benar

Jawaban :D

8.      Dalam analisis SWOT, W yang artinya adalah

a.       Kekuatan

b.      Kelemahan

c.       Peluang

d.      Ancaman

Jawaban : B

9.      Analisis SWOT yang berkaitan dengan Ancaman adalah

a.       Strength

b.      Weakness

c.       Opportunity

d.      Threats

Jawaban : D

10.  Apa saja yang termasuk bagian Analisis SWOT

a.       Kekuatan

b.      Ketangkasan

c.       Kecepatan

d.      Kelincahan

Jawaban : A

 

 

 

 

ESSAY

1.      Apa Pengertian Analisis  menurut Sugiono (2015: 335)?

 Jawaban: Analisis adalah kegiatan untuk mencari pola, atau cara berpikir yang berkaitan dengan pengujian secara sistematis terhadap sesuatu untuk menentukan bagian, hubungan antarbagian, serta hubungannya dengan keseluruhan.

2.      Apa Fungsi dan Tujuan Analisa?

 Jawaban:  Analisis berfungsi untuk menguraikan sesuatu menjadi komponen-komponen kecil yang diketahui hubungan-hubungannya. Analisis bertujuan untuk memperoleh pemahaman lebih mendetail mengenai suatu hal. Pemahaman tersebut nantinya dapat dijelaskan kepada publik.

3.      Sebutkan tiga tahapan dalam melakukan analisa swot?

 Jawaban:  tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap pengambilan keputusan,

4.      Apa singkatan dari SWOT?

 Jawaban:   Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (Kekuatan,kelemahan,peluang,ancaman)

5.      Apa manfat dari analisa swot?

 Jawaban:

1)      Jelas bisa digunakan untuk menentukan perusahaan persaingan dengan perusahaan sejenis.

2)      Sebagai pijakan untuk mencapai tujuan perusahaan

3)      Untuk meningkatkan strategi yang ada, strategi perusahaan selalu dapat beradaptasi dengan perubahan apa pun situasi bisnis





UNTUK DOWNLOAD PDF KLIK DISINI



Nama : Vinarul Zaen Permatasari

NIM : 205038

Prodi : DIII - Rekam Medis dan Informasi Kesehatan



Tagar :

#prodirekammedis

#prodirmik

#rmik_soepraoen

#itskrsdrsoepraoen

#poltekkesrsdrsoepraoen

#rekammedis

#rekammedisindonesia

#pormikimalang

#rmik

 


VinarulZaenPermatasari

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 Comments:

Posting Komentar

 
biz.