ANALISA
SWOT
MAKALAH
Manajemen Mutu
Yang dibimbing oleh Ibu Fita Rusdian Ikawati, SE, MM
Disusun Oleh :
Trisna Alya Sekar |
205036 |
Vany Nur Awalin |
205037 |
Vinarul Zaen Permatasari |
205038 |
Tiara Nuraida Rismi Alfarini |
205077 |
Vidia Pramesti Kirana |
205078 |
Fina Aulia Aisyah |
205079 |
Widyawati Purwasih |
205114 |
Rensi Ayuningtias |
205115 |
Ridha Fiky Amalia |
205116 |
INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN RS
dr. SOEPRAOEN
PRODI DIII REKAM MEDISDAN INFORMASI
KESEHATAN
2021
ABSTRAK
Analisis
Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats dilakukan
secara internal dan eksternal organisasi. Analisis internal dilakukan
untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan organisasi, sedangkan analisis
eksternal untuk mengetahui peluang yang dapat ditangkap, dan ancaman yang
dihadapi organisasi.
Kekuatan
dan kelemahan yang diidentifikasi oleh penilaian lingkungan
internal, sedangkan peluang dan ancaman yang diidentifikasi oleh penilaian
lingkungan eksternal. Menganalisis lingkungan internal dan eksternal
dengan menggunakan SWOT membantu untuk menentukan situasi saat ini dan untuk
mengidentifikasi prospek utama dan tantangan yang signifikan. Jika
digunakan dengan benar, SWOT dapat memberikan dasar yang baik untuk
perumusan kebijakan.
Proses
penggunaan manajemen analisa SWOT menghendaki adanya suatu survey internal
tentang strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan) program, serta survey
eksternal atas opportunities (ancaman) dan threats (peluang/kesempatan).
Pengujian eksternal dan internal yang terstruktur adalah sesuatu yang unik
dalam dunia perencanaan dan pengembangan kurikulum lembaga pendidikan.
Kata
kunci : Analisis SWOT
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
segala puji bagi Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan karunia-Nya.
Dengan dibuatnya makalah ini, penyusun mengucapkan terima kasih kepada Orang
tua yang telah mendukung dalam segi apapun. Terima kasih pula untuk dosen
pengampu mata kuliah yang senantiasa memberikan bimbingan kepada kami. Dan
terimakasih atas kerja samanya untuk setiap para anggota kelompok.
Makalah
ini dibuat untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan di bidang budaya dan
untuk memenuhi tugas kami. Makalah ini kami tujukan kepada para pembaca untuk
menjadi bahan referensi dan inspirasi dalam proses kegiatan menimba ilmu.
Terlepas dari itu semua kami menyadari bahwasannya
masih banyak kekurangan yang ada dalam makalah ini. Baik dari susunan kalimat
atau bahasanya. Oleh karena itu kami menerima kritik dan saran yang bersifat
membangun agar nanti untuk kedepannya bisa memperbaiki makalah ini dengan
baik. Semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi khasanah ilmu pengetahuan, para pembaca, dan
untuk penyusun. Aamiin.
Akhir
kata semoga makalah tentang “Analisa
SWOT” ini bisa bermanfaat dan bisa
menginspirasi bagi para pembacanya
Malang, 02
Maret 2021
Penulis
DAFTAR ISI
1.2.1 Apa
Pengertian Analisis SWOT?
1.2.2 Apa saja unsur Analisis SWOT dan Manfaatnya apa
saja?
1.2.3 Bagaimana Tahapan Analisis SWOT?
1.3.1 Mengetahui
dan memahami Analisis SWOT
1.3.2 Mengetahui
dan memahami Apa manfaat dan apa saja
unsur Analisis SWOT
1.3.3 Mengetahui
dan memahami tahapan SWOT
2.7 Cara
Melakukan Analisis SWOT dengan Benar
2.10 Contoh
Analisis SWOT Perusahaan Otomotif
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Analisis Strengths,
Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT) dilakukan secara
internal dan eksternal organisasi. Analisis internal dilakukan untuk mengetahui
kekuatan dan kelemahan organisasi, sedangkan analisis eksternal untuk
mengetahui peluang yang dapat ditangkap, dan ancaman yang dihadapi organisasi.
Analisis SWOT ini penting sebagai bagian organisasi untuk perumusan manajemen
strategi yang akan dijalankan organisasi agar siap bersaing dan tidak dipandang
sebelah mata oleh organisasi lainnya.
Wahyudi (1996:49-50)
mengemukakan bahwa terdapat dua faktor yang menyebabkan suatu organisasi
melakukan analisis terhadap lingkungan baik lingkungan internal maupun
eksternal antara lain organisasi tidak berdiri sendiri tetapi berinteraksi
dengan bagian-bagian dari lingkungannya yang selalu berubah setiap saat serta
pengaruh lingkungan yang sangat rumit dan kompleks dapat mempengaruhi kinerja
banyak bagian yang berbeda dari sebuah organisasi. Analisis SWOT
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi
organisasi.
Kekuatan dan
kelemahan yang diidentifikasi oleh penilaian lingkungan internal, sedangkan
peluang dan ancaman yang diidentifikasi oleh penilaian lingkungan eksternal
(Dyson, 2004). Menganalisis lingkungan internal dan eksternal dengan
menggunakan SWOT membantu untuk menentukan situasi saat ini dan untuk
mengidentifikasi prospek utama dan tantangan yang signifikan. Jika digunakan
dengan benar, SWOT dapat memberikan dasar yang baik untuk perumusan kebijakan.
Informasi lebih lanjut tentang analisis SWOT dan langkah-langkah dapat
ditemukan di Houben et al. (1999).
1.2 RUMUSAN MASALAH
1.2.1 Apa Pengertian Analisis SWOT?
1.2.2 Apa saja unsur Analisis SWOT dan Manfaatnya apa saja?
1.2.3 Bagaimana Tahapan Analisis SWOT?
1.3 TUJUAN
1.3.1 Mengetahui dan memahami Analisis
SWOT
1.3.2 Mengetahui dan memahami Apa manfaat dan apa saja unsur Analisis SWOT
1.3.3 Mengetahui dan memahami tahapan SWOT
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Analisis
SWOT
Sebelum kita
mengetahui tentang Analisis SWOT, baiknya kita mengetahui pengertian dari
masing-masing sub Analisis SWOT, yaitu termasuk upaya yang diakui
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Di proses pencarian keputusan strategis selalu konsisten dengan
mengembangkan tugas, tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan. Sehingga,
perencanaan strategis harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan
(kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman). Analisis dan perbandingan SWOT secara
faktor eksternal berupa peluang (opportunity), ancaman (threats) dengan faktor
internal kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness).
2.2 Pengertian
Analisis
Analisis adalah aktivitas
yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu
untuk digolongkan dan dikelompokan kembali menurut kriteria tertentu kemudian
dicari kaitannya dan ditafsir maknanya (Wirahadi).Dalam definisi
lain, Analisis adalah proses menyadari sesuatu dengan teliti dan hati-hati,
atau menggunakan data dan metode statistik untuk memahami atau menjelaskan hal
tersebut. Definisi ini merupakan rumusan umum tentang analisis
- Menurut
Sugiono (2015: 335), Analisis adalah kegiatan untuk
mencari pola, atau cara berpikir yang berkaitan dengan pengujian secara
sistematis terhadap sesuatu untuk menentukan bagian, hubungan antarbagian,
serta hubungannya dengan keseluruhan.
- Menurut Satori dan Komariyah (2014: 200), Definisi Analisis adalah usaha untuk mengurai suatu
masalah menjadi bagian-bagian. Sehingga, susunan tersebut tampak jelas dan
kemudian bisa ditangkap maknanya atau dimengerti duduk perkaranya.
- Menurut
KBBI, pengertian
analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan,
perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab
musabab, duduk perkara, atau hal-hal lainnya).
Analisis didefinisikan juga sebuah
penjabaran setelah pengkajian yang sebaik-baiknya. Dan pemecahan persoalan yang
dimulai dengan dugaan akan kebenarannya. Dua pengertian ini lebih dekat dengan
proses berpikir sistematis menggunakan metode analitik.
Berdasarkan beberapa rumusan definisi di
atas, dapat disimpulkan bahwa analisis memiliki sedikitnya tiga fungsi dan
tujuan utama. Namun secara spesifik, hal ini akan tergantung bagaimana proses
penggunaan metode analisis. Secara umum, berikut fungsi dan tujuannya.
- Analisis
berfungsi untuk menguraikan sesuatu menjadi komponen-komponen kecil yang
diketahui hubungan-hubungannya. Kemudian uraian komponen tersebut dapat
lebih mudah dipahami, baik setiap bagiannya maupun secara keseluruhan.
- Analisis
bertujuan untuk memperoleh pemahaman lebih mendetail mengenai suatu hal.
Pemahaman tersebut nantinya dapat dijelaskan kepada publik. Sehingga
publik mendapatkan informasi bermanfaat dari analisis tersebut.
- Analisis juga
memiliki fungsi dan tujuan untuk menentukan keputusan. Yang dimaksud dalam
hal ini adalah pengambilan keputusan berdasarkan dugaan, teori, atau
prediksi dari sesuatu yang sebelumnya telah dipahami dengan metode
analisis.
2.3 Pengertian SWOT
SWOT adalah kependekan dari Strength,
Weakness, Opportunities, dan Threats. Apa maknanya dalam konteks
bisnis/perusahaan? Setiap praktik bisnis tidak mungkin mencapai kesuksesan
kalau tidak direncanakan secara matang. Anda boleh mengatakan bahwa bisnis
tanpa modal teori yang kaku pun masih bisa menghasilkan keuntungan. Ya, bisnis
akan menghasilkan keuntungan bagi pelakunya, namun seperti apa, dan apakah akan
bertahan apalagi meningkat? Untung memang iya, tapi belum tentu bisa disebut
sukses.
Semua pelaku bisnis pasti memiliki sejumlah tujuan yang ingin
dicapai. Tanpa adanya strategi yang jelas, sulit sekali mewujudkan semua tujuan
itu. Strategi itulah yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis SWOT. Teknik
analisis ini bukan hanya bermanfaat bagi perusahaan atau kelompok bisnis, tapi
secara perseorangan, misalnya jika hendak mewujudkan impian pekerjaan atau
karir.
2.4 Pengertian
Analisis SWOT
Analisis
SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk
memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan
internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. Analisis SWOT,
yaitu termasuk upaya yang diakui kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman ini yang menentukan kinerja perusahaan. Informasi Peluang dan
ancaman terkait eksternal bisa diperoleh dari berbagai sumber, termasuk
pelanggan, dokumen pemerintah, pemasok, mitra di sektor perbankan dan
perusahaan lain. Banyak perusahaan menggunakan layanan keagenan pindai jingle
huruf berita, penelitian internet, dan analisis tren relevansi
domestik dan global (Richard L. daftar tahun 2010: 253).
Selain itu, Fredi Rangkuti (2004: 18) Menjelaskan bahwa analisis SWOT
adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis merumuskan strategi
perusahaan. Analisis ini didasarkan pada memaksimalkan kekuatan
(strength), dan Opportunity (peluang), tetapi pada saat bersamaan dapat
meminimalisir kelemahan (kelemahan) dan ancaman. Proses pencarian keputusan
strategis selalu konsisten dengan mengembangkan tugas, tujuan, strategi, dan
kebijakan perusahaan. sehingga, perencanaan strategis harus menganalisis
faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman).
Analisis dan perbandingan SWOT secara faktor eksternal berupa peluang
(opportunity), ancaman (threats) dengan faktor internal kekuatan (strenght) dan
kelemahan (weakness).
SWOT adalah singkatan dari kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman.
Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama
Anda ke dalam daftar yang terorganisir, biasanya ditampilkan dalam kolom kisi
sederhana.
Kekuatan dan kelemahan internal perusahaan Anda.
Hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan ubah. Misalnya, orang-orang di tim Anda,
hak paten dan kekayaan intelektual Anda, dan lokasi Anda.
Peluang (opportunity) dan ancaman (ancaman)
merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi bisnis, atau faktor yang terjadi
di luar perusahaan dalam pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan
peluang dan menjaga dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya.
Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.
Teknologi ini dikembangkan oleh Albert Humphrey,
yang memimpin proyek penelitian di Universitas Stanford pada 1960-an dan
1970-an, menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Saat Anda melakukan analisis SWOT, Anda akan
mempelajari strategi yang dapat diandalkan untuk memprioritaskan pekerjaan yang
perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.
2.5 Manfaat
Analisis SWOT
Tujuan akhir dari analisis SWOT adalah menghasilkan
berbagai pilihan strategi yang lebih fungsional, yang membuat strategi lebih
mudah penerapannya dan diterapkan di setiap unit bisnis strategis.Manfaat yang
dapat dipetik dari analisis SWOT adalah sebagai berikut:
1. Jelas bisa digunakan untuk menentukan perusahaan
persaingan dengan perusahaan sejenis.
2. Sebagai pijakan untuk mencapai tujuan perusahaan
3. Untuk meningkatkan strategi yang ada, strategi
perusahaan selalu dapat beradaptasi dengan perubahan apa pun situasi bisnis.
2.6 Unsur
– unsur SWOT
Kekuatan (Strenght) , Kelemahan
(weakness) , Peluang (Opportunity), Ancaman (Threats). Faktor eksternal dan
internal menurut (Irham Fahmi, 2013:260) untuk menganalisis secara lebih dalam
tentang SWOT, maka perlu dilihat faktor eksternal dan internal sebagai bagian
penting dalam analisis SWOT, yaitu:
·
Faktor
Eksternal
Faktor eksternal ini mempengaruhi pembentukan
peluang dan ancaman (O dan T). Jika menyangkut faktor ini apa yang terjadi di
luar mempengaruhi perusahaan internal. Pengambilan keputusan perusahaan. Faktor
ini termasuk lingkungan industri dan lingkungan makro, ekonomi, bisnis,
politik, hukum, teknologi, populasi, dan sosial budaya.
·
Faktor
Internal
Faktor
internal ini mempengaruhi terbentuknya strenghts and weaknesses (S dan W).
Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi yang terjadi dalam perusahaan, yang
mana ini turut mempengaruhi terbentuknya pembuatan keputusan (decision making)
perusahaan. Faktor internal ini meliputi semua macam manajemen fungsional :
pemasaran, keuangan, operasi, sumberdaya manusia, penelitian dan pengembangan,
sistem informasi manajemen dan budaya perusahaan (corporate culture).
Ø S – Strength/Kekuatan
Anda harus mengidentifikasi dan memahami keuntungan
terbesar dari bisnis yang Anda jalankan. Proses pengenalan dan pemahaman ini
akan menghasilkan banyak penemuan yang diharapkan dapat berdampak positif bagi
kesuksesan perusahaan.
Bagaimana Anda mengenali dan memahami keunggulan
ini? Anda dapat membuat daftar banyak masalah untuk mengidentifikasinya. Contoh
masalah meliputi:
·
Apa keunggulan
perusahaan / perusahaan Anda?
·
Apa yang
membuat bisnis / perusahaan Anda lebih baik dari yang lain?
·
Apa yang unik
tentang perusahaan / perusahaan Anda?
·
Selama
bertahun-tahun, faktor apa saja yang berhasil meningkatkan penjualan?
·
Apa reaksi
positif pelanggan Anda selama bertahun-tahun?
Ø W – Weakness/Kelemahan
Setiap model bisnis memiliki
kelemahan. Kalaupun terlihat sempurna, selalu ada celah yang bisa mengakibatkan
kesalahan / kerugian. Anda dapat mencari dan menganalisis kelemahan bisnis /
perusahaan Anda dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk menemukan
hasilnya:
·
Apa yang harus
ditingkatkan oleh perusahaan / perusahaan Anda?
·
Menurut Anda
apa yang harus dihindari saat menjalankan perusahaan ini?
·
Apa sajakah
faktor yang menyebabkan hilangnya penjualan?
·
Apa yang
menurut konsumen merupakan kelemahan?
·
Tindakan atau
pencapaian apa yang diambil pesaing Anda agar terlihat lebih baik daripada
bisnis / perusahaan Anda?
Ø Opportunities/Peluang
Sebagai pemilik dan manajer bisnis,
Anda harus memantau berbagai peluang dan memahami perkembangan masa depan.
Pembacaan peluang ini dapat dianalisis dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa tren
bisnis yang sedang dikembangkan perusahaan Anda?
·
Peluang apa
yang telah Anda lihat sebagai seorang pebisnis?
Ø T- Threats/Ancaman
Berbagai bisnis selalu menghadapi
berbagai ancaman, dan jika dibiarkan berkembang maka perusahaan akan bangkrut.
Oleh karena itu, berbagai jenis ancaman harus dianalisis melalui banyak
pertanyaan:
·
Hambatan dan
masalah apa yang dihadapi perusahaan?
·
Apa solusi
untuk kendala dan masalah tersebut?
·
Adakah faktor
kebijakan dari pemerintah atau latar belakang daerah yang mempengaruhi
munculnya ancaman ini?
·
Apakah ada
kondisi atau lingkungan eksternal yang menyebabkan ancaman?
2.7 Cara
Melakukan Analisis SWOT dengan Benar
Kumpulkan orang-orang dari berbagai departemen di
perusahaan dan pastikan setiap departemen memiliki perwakilan. Anda akan
menemukan bahwa berbagai departemen dalam perusahaan memiliki pandangan yang
sangat berbeda. Ini adalah poin yang sangat penting untuk membuat analisis SWOT
Anda berhasil.
Melakukan analisis SWOT mirip dengan rapat mendengarkan
pendapat untuk mengetahui cara yang benar dan salah dalam melakukan sesuatu.
Sebaiknya biarkan semua orang membuat catatan dan biarkan semua orang secara
diam-diam mengajukan beberapa ide awal. Ini untuk mencegah pemikiran kolektif
dan memastikan bahwa semua suara didengar.
Setelah lima hingga sepuluh menit bertukar pikiran, poskan
semua catatan di dinding dan jangan lupa untuk mengelompokkan ide serupa. Jika
ide orang lain memicu ide baru, izinkan siapa pun untuk menambahkan komentar
tambahan saat ini.
Setelah semua ide disortir, saatnya untuk menentukan
peringkatnya. Dengan menggunakan sistem pemungutan suara, setiap orang mendapat
lima sampai sepuluh "suara", yang dapat mereka bagi sesuka mereka.
Membuat catatan dalam berbagai warna berguna untuk latihan ini.
Berdasarkan hasil pemungutan suara, Anda harus memiliki
daftar ide yang diprioritaskan. Tentu saja, daftar ini untuk diskusi dan debat,
dan seseorang di ruang konferensi harus dapat membuat keputusan akhir tentang
prioritas. Biasanya CEO, tetapi dapat didelegasikan kepada orang lain yang
bertanggung jawab atas strategi bisnis.
2.8 Tahapan
Analisis SWOT
Untuk melakukan analisis SWOT,
garis besar harus dilengkapi melalui tiga tahapan yaitu:
1. Tahap pengumpulan data
Siapa yang harus melakukan analisis SWOT?
Agar analisis SWOT efektif,
pendiri dan pemimpin perusahaan harus terlibat secara mendalam. Ini bukanlah
tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain. Namun, pimpinan
perusahaan tidak diperbolehkan melakukan pekerjaan ini sendiri. Untuk hasil
terbaik, kumpulkan sekelompok orang yang memiliki pendapat berbeda tentang perusahaan.
Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan, dari penjualan dan
layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus
terlibat.
Perusahaan inovatif bahkan
melampaui peringkat internal mereka sendiri saat melakukan analisis SWOT dan
mendapatkan opini pelanggan untuk menambahkan suara unik mereka ke dalam
pertimbangan pengambilan keputusan bisnis.
Jika Anda memulai atau
menjalankan perusahaan Anda sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT.
Dapatkan perspektif lain dari teman yang hanya tahu sedikit tentang bisnis,
akuntansi, atau bahkan pemasok dan pelanggan Anda. Kuncinya adalah memiliki
perspektif yang berbeda.
Perusahaan yang menggunakan
analisis SWOT untuk menilai situasi mereka saat ini dan menentukan strategi
untuk maju. Namun, perlu diingat bahwa banyak hal selalu berubah dan Anda perlu
mengevaluasi kembali strategi Anda, dimulai dengan analisis SWOT baru setiap
enam hingga dua belas bulan.
Sebagai permulaan, analisis
SWOT adalah bagian dari proses perencanaan bisnis. Ini akan membantu
mengembangkan strategi sehingga Anda mulai dengan langkah yang benar dan
mengetahui rute perjalanan.
2.9 Model
analisis SWOT
Model
Analisis SWOT Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang dan
ancaman dengan faktor internal kekuatan dan kelemahan. Faktor internal
dimasukan kedalam matrik yang disebut matrik faktor strategi internal atau IFAS
(Internal Strategic Factor Analisis Summary).
Faktor
eksternal dimasukkan kedalam matrik yang disebut matrik faktor strategi
eksternal EFAS (Eksternal Strategic Factor Analisis Summary). Setelah matrik
faktor strategi internal dan eksternal selesai disusun, kemudian hasilnya
dimasukkan dalam model kuantitatif, yaitu matrik SWOT untuk merumuskan strategi
kompetitif perusahaan.
Matrik Factor
Strategi Eksternal (EFAS).
Faktor
strategi Exsternal |
Bobot |
Rating |
Bobot
X Rating |
Keterangan |
Peluang |
X |
X |
X |
|
Jumlah |
X |
X |
X |
|
Ancaman |
X |
X |
X |
|
Jumlah |
X |
X |
X |
|
Total |
X |
X |
X |
|
Sumber : Fredi
Rangkuti (2004: 18)
Ø Cara membuat matrik EFAS
1)
Aturlah faktor
eksternal menurut kelompoknya yaitu memberikan peluang dan ancaman.
2)
Kemudian tetapkan
bobot untuk setiap faktor. Memberi bobot harus dilakukan dengan hati-hati
sesuai dengan kepentingan dan pangkat pengaruh strategis. Semakin penting
faktor-faktor ini, semakin tinggi obot yang harus diberikan. Total berat
maksimal adalah 1 (satu) buah.
3)
Langkah selanjutnya
untuk menghadapi setiap faktor peluang atau ancaman skor. Evaluasi didasarkan
pada kondisi yang memberikan kondisi berikut untuk faktor-faktor ini, peluang
harus ditandai sebagai positif dan sebaliknya ancamannya negatif jika faktornya
adalah untuk memberikan kesempatan terbesar, evaluasi paling positif harus
diberikan jika peluangnya kecil, begitu juga sebaliknya. Sama atasi
faktor-faktor yang menjadi ancaman terbesar, dan kemudian paling banyak, review
negatif harus diberikan, begitu pula sebaliknya ancamannya kecil.
4)
Selanjutnya, kalikan
bobot dengan nilai pengenal, sehingga Anda bisa mendapatkan satu atau lebih
nilaipecahan.
5)
Setelah menilai semua
faktor, tambahkan ke dapatkan skor total.
6)
Kolom kelima
digunakan untuk memberikan komentar atau alasan berikut ini mengapa memilih
faktor.
Matrik Faktor
Strategi Internal (IFAS)
Faktor
strategi Exsternal |
Bobot |
Rating |
Bobot
X Rating |
Keterangan |
Kekuatan |
X |
X |
X |
|
Jumlah |
X |
X |
X |
|
Kelemahan |
X |
X |
X |
|
Jumlah |
X |
X |
X |
|
Total |
X |
X |
X |
|
Ø Cara membuat matrik EFAS
1)
Menyusun faktor
internal menurut kelompoknya yaitu merupakan keunggulan (kekuatan) dan yang
lainnya merupakan faktor kerugian(kelemahan).
2)
Kemudian tetapkan
bobot untuk setiap faktor. Memberi bobot harus dilakukan dengan hati-hati
sesuai dengan kepentingan dan pangkat pengaruh strategis. Semakin penting
faktor-faktor ini, semakin tinggi bobot yang harus diberikan. Total berat
maksimal adalah 1 (satu)
3)
Langkah selanjutnya
menuju faktor yang baik adalah kekuatan atau kelemahan dinilai. Menurut
persyaratan faktor kekuatan, kekuatan harus ditandai sebagai positif dan
sebaliknya faktor kelemahan diberi tanda negatif. Dalam hal mereka adalah
kekuatan terbesar dan harus diberikan kepada mereka ulasan positif adalah yang
terbaik, dan sebaliknya.Pendekatan yang sama untuk faktor penyusun kelemahan
terbesar harus diberi evaluasi paling negatif, kebalikannya juga benar, ketika
kelemahannya kecil.
4)
Selanjutnya, kalikan
bobot dengan nilai pengenal, sehingga Anda bisa mendapatkan satu atau lebih
nilaipecahan.
5)
Setelah menilai semua
faktor, tambahkan ke dapatkan skor total.
6)
Kolom kelima
digunakan untuk memberikan catatan atau alasan berikut ini mengapa memilih
faktor.
2.10 Contoh Analisis SWOT
Perusahaan Otomotif
Sebuah perusahaan otomotif yang
bergerak di bidang produksi sepeda motor dan spare parts sedang mengembangkan
bisnisnya dengan melakukan analisis SWOT. Analisis diterapkan dengan mengamati
faktor internal dan eksternal.
1.
Faktor internal
Strength:
·
Perusahaan
sudah memiliki merek yang kuat
·
Didukung oleh
sumber daya manusia yang mumpuni
·
Produksi terus
meningkat
Weakness:
·
Cakupan
pemasarannya di pulau itu masih terbatas
·
Kurangnya
sumber daya manusia untuk promosi online
2. Faktor eksternal
Opportunities:
·
Banyak lulusan
baru berkualitas yang tertarik dengan perusahaan
·
Peluang
mengembangkan jaringan pemasaran di luar pulau
Threats:
·
Pesaing baru
dengan kualitas yang sama dan harga murah
·
Perluas
promosi ke pesaing baru melalui jaringan online
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan
untuk memonitor dan mengevaluasikekuatan (strengths), kelemahan (weaknees),
peluang (opportunities) dan ancaman (threats) suatu bisnis tertentu.Manfaat
yang dapat dipetik dari analisis SWOT adalah sebagai berikut:
a. Jelas bisa digunakan untuk menentukan perusahaan
persaingan perusahaan sejenis.
b. Sebagai pijakan untuk mencapai tujuan perusahaan
c. Untuk meningkatkan strategi yang ada, strategi
perusahaan selalu dapat beradaptasi dengan perubahan apa pun situasi bisnis
3.2 SARAN
Adapun
saran dari pembuatan makalah ini yaitu dengan menggunakan analisis SWOT baik
dalam sebuah perusahaan atau sebuah organisasi baik internal maupun eksternal
dengan baik akan memudahkan kedepannya untuk bekerja lebih mudah dan dapat
dijangkau oleh instansi tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Nisak, Z., 2013. Analisis SWOT Untuk
Menentukan Strategi Kompetitif. Jakarta: s.n.
Nur'aini Dwi Fatimah, F., 2016. Teknik
Analisis. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Ranggkuti, F., 2004. Analisis SWOT Teknik
Membedah Kasus Bisnis. s.l.:PT. Gramedia Jakarta.
Wardoyo, P., 2011. ENAM ALAT ANALISIS
MANAJEMEN. Semarang: Semarang University Press.
https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-contoh-analisis-swot/
https://www.pelajaran.co.id/2019/22/analisis.html
Soal PG dan Essay
Manajemen Mutu beserta jawaban
PILIHAN GANDA
1. Suatu
metode perencanaan strategis untuk dapat mengevaluasi faktor-faktor yang
berpengaruh dalam upaya mencapai tujuan dengan cara mengkaji kondisi internal
dan ekternal suatu organisasi, disebut...
a. Analisis Masalah
b. Identifikasi Masalah
c. Analisis SWOT
d. semua jawaban benar
Jawaban: C
2. Didalam
analisis S W O T, O adalah opportunity yang artinya adalah .....
a. Tantangan
b. Hambatan
c. Peluang
d. Persaingan
Jawaban:C
3. Dalam
SWOT analysis, S adalah Strenght yang artinya adalah ...
a. kekuatan
b. peluang
c. kelemahan
d. ancaman
e. persaingan
Jawaban:A
4. Faktor
yang berasal dari dalam suatu organisasi disebut...
a. Faktor Internal
b. Faktor Ekternal
c. Faktor Agama
d. Faktor Budaya
Jawaban:A
5. Kelemahan
atau keterbatasan , dan kekurangandalam sumber daya, keterampilan, dan
kapabilitas yang secara efektif menghambat kinerja organisasi , disebut...
a. Strength
b. Weaknes
c. Oportunity
d. Threats
Jawaban:B
6. Strength
adalah
a. Kekuatan
b. Kelemahan
c. Peluang
d. Ancaman
Jawaban : A
7. Faktor
Faktor yang dapat diandalkan dalam profesi rekam medis dalam analisis SWOT, S
adalah
a. Jumlah personel
yang sesuai dengan beban kerja, sehingga mendukung produktivitas
b. Adanya permenkes
269/Menkes/Per/III/2008 Yang mengatur pelaksanaan Rekam Medis
c. Melakukan Promosi
tentang Pentingnya Rekam Medis
d. Jawaban A,B,C Benar
Jawaban :D
8. Dalam
analisis SWOT, W yang artinya adalah
a. Kekuatan
b. Kelemahan
c. Peluang
d. Ancaman
Jawaban : B
9. Analisis
SWOT yang berkaitan dengan Ancaman adalah
a. Strength
b. Weakness
c. Opportunity
d. Threats
Jawaban : D
10. Apa
saja yang termasuk bagian Analisis SWOT
a. Kekuatan
b. Ketangkasan
c. Kecepatan
d. Kelincahan
Jawaban : A
ESSAY
1. Apa
Pengertian Analisis menurut Sugiono (2015: 335)?
Jawaban: Analisis adalah kegiatan untuk
mencari pola, atau cara berpikir yang berkaitan dengan pengujian secara
sistematis terhadap sesuatu untuk menentukan bagian, hubungan antarbagian,
serta hubungannya dengan keseluruhan.
2. Apa
Fungsi dan Tujuan Analisa?
Jawaban: Analisis berfungsi untuk
menguraikan sesuatu menjadi komponen-komponen kecil yang diketahui
hubungan-hubungannya. Analisis bertujuan untuk memperoleh pemahaman lebih
mendetail mengenai suatu hal. Pemahaman tersebut nantinya dapat dijelaskan
kepada publik.
3. Sebutkan
tiga tahapan dalam melakukan analisa swot?
Jawaban: tahap pengumpulan data,
tahap analisis, dan tahap pengambilan keputusan,
4. Apa
singkatan dari SWOT?
Jawaban: Strengths,
Weaknesses, Opportunities, dan Threats (Kekuatan,kelemahan,peluang,ancaman)
5. Apa
manfat dari analisa swot?
Jawaban:
1) Jelas bisa digunakan
untuk menentukan perusahaan persaingan dengan perusahaan sejenis.
2) Sebagai pijakan untuk
mencapai tujuan perusahaan
3) Untuk meningkatkan
strategi yang ada, strategi perusahaan selalu dapat beradaptasi dengan
perubahan apa pun situasi bisnis
UNTUK DOWNLOAD PDF KLIK DISINI
Nama : Vinarul Zaen Permatasari
NIM : 205038
Prodi : DIII - Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Tagar
:
#prodirekammedis
#prodirmik
#rmik_soepraoen
#itskrsdrsoepraoen
#poltekkesrsdrsoepraoen
#rekammedis
#rekammedisindonesia
#pormikimalang
#rmik
0 Comments:
Posting Komentar